Sosialisasi Kepesantrenan Pondok Pesantren Edi Mancoro

Kab. Semarang, EM Pers- Pondok Pesantren Edi Mancoro (Ponpes Edi Mancoro) melaksanakan kegiatan sosialisasi kepesantrenan di Aula Utama Gedung K.H Mahfud Ridwan, Kamis (15/10/20) Malam.

Diadakan sosialisasi kepesantrenan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada para santri baru tentang Ponpes Edi Mancoro. Pada awal kegiatan ada sambutan terlebih dahulu oleh K.H Muhamad Hanif selaku pengasuh Pondok Edi Mancoro.

Dalam sambutannya K.H Muhamad Hanif menjelaskan asal usul nama Ponpes Edi Mancoro.

“Pesantren ini menggunakan nama atau identitas Jawa, tidak ada kaitan dengan nama pahlawan atau tokoh wali. Ini sebagian dari mengangkat citra kearifan lokal,” ungkapnya.

Ia berharap Pesantren Edi Mancoro bisa mencerahkan dan mengedukasi masyarakat sesuai filosofi nama pesantren ini.

“Latar belakang memberikan nama Edi Mancoro berharap pesantren bisa mencerahkan masyarakat dan mengedukasi masyarakat, maka kita mempunyai semboyan khodimul ummah,” tambahnya.

Setelah acara sambutan dari pengasuh, dilanjutkan dengan perkenalan setiap lembaga yang ada di Ponpes Edi Mancoro. Pada sesi ini setiap lembaga mempresentasikan visi misi dan program kerja yang ada di lembaga tersebut. Adapun lembaga-lembaga tersebut diantaranya OSEM (Organisasi Santri Edi Mancoro), KDII (Kulliyatud Dirasah al-Islamiyyah wal-Ijtima’iyyah), MQ (Madrasatul Qur’an), TBB (Tarbiyatul Banin Wal Banat), Pers Edi Mancoro, Laziskaf Edi Mancoro, Tsurayya (Student Language Center), UPT Perpustakaan, MRI (Mahfud Ridwan Institute), KBIHU AL-QIRO(Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh), Koppontren (Koperasi Pondok Pesantren) dan Djitoe Photography.

Adi (20) salah satu santri baru merasa bahwa kegiatan sosialisasi kepesantrenan membuatnya paham sejarah dan lembaga-lembaga di Ponpes Edi Mancoro.

“Saya akhirnya mendapat banyak pengetahuan Pondok Pesantren Edi Mancoro, bagaimana paham arti filosofi nama Edi Mancoro dan mengetahui fungsi dari setiap lembaga di Edi Mancoro,” tuturnya. (Dimas/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *