Tirakat Santri Untuk Negeri

Kab. Semarang, EM Pers– Kegiatan  malam tirakatan dalam rangka memperingati 75 tahun Kemerdekaan Indonesia dengan mengusung tema “Santri Bisa Indonesia Sentosa”. Kegiatan ini dilaksanakan di depan Aula Gedung Utama Pondok Pesantren Edi Mancoro, Minggu (16/8/20) Malam. Kegiatan ini dibuka dengan penampilan grup sholawat Al badar dan pembacaan Istighosah sebagai bentuk tirakat santri untuk negeri.

Kegiatan kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang dimana bisa dihadiri oleh warga sekitar, tetapi kali ini hanya bisa dihadiri oleh seluruh santri saja. Walaupun bersifat tertutup, acara ini berlangsung dengan lancar dan tertib serta tidak menyurutkan semangat para santri pada malam hari ini.

KH. Muhamad Hanif,  Pengasuh Ponpes Edi Mancoro menyampaikan, negara Indonesia adalah negara yang terbentuk karena kesepakatan bersama. Ia juga berkata bahwa acara ini penting bagi kita untuk mengingat sejarah bangsa.

“Malam tujuh belasan ini memang penting bagi kita untuk mengingat sejarah bangsa,  yang bisa membuka cakrawala kita tentang sejarah berdirinya bangsa ini. Maka tidak salah kalo kita ini merasa paling berhak dan paling layak dalam konteks mengatakan NKRI harga mati,” Ungkapnya.

Ia berharap dengan ada acara ini bisa menjadikan para santri sebagai orang yang berpegang pada prinsip khodimul ummah.

“Semoga kita mampu menjadi orang yang berpegang pada prinsip khodimul ummah sebagaimana yang dicita-citakan oleh pendiri Ponpes Edi Mancoro yang kita cintai Almagfurlah KH. Mahfud Ridwan,” Tambahnya.

Dalam acara malam ini, Ponpes Edi Mancoro kedatangan seorang penulis buku yang bernama Ahmad Faidi dengan judul bukunya “Teosofi Soekarno dan Pancasila”. Dalam kesempatan kali ini ia sedikit menjelaskan isi bukunya. Para santri sangat antusias mengikuti acara bedah buku ini dengan adanya sesi tanya jawab yang diberikan moderator kepada para santri untuk menyampaikan rasa ingin tahu pada buku tersebut.(Mira, Dimas, Lu’lu/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *