Pantura Interfaith Journey

Gedangan, EM Pers- Madrasah Damai Pati mengadakan kegiatan Pantura Interfaith Journey selama dua hari melibatkan puluhan aktivis muda pegiat lintas iman dari berbagai daerah di Indonesia. Pada kesempatan ini, para aktivis pegiat lintas iman ikut serta dalam dialog bersama pegiat lintas iman yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Edi Mancoro.

Para aktivis ini datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Jayapura, Madura, Surabaya, Yogya, Salatiga, Semarang, Jakarta, Tasikmalaya dan berbagai komunitas lintas iman di Pati. Dialog pegiat lintas iman kali ini diisi oleh Gus Muhamad Hanif pengasuh Pondok Pesantren Edi Mancoro, Pendeta Izak Lattu Salatiga dan Nyai Kamilia Hamidah Direktur Madrasah Damai Pati.

Nyai Kamalia Hamidah, direktur Madrasah Damai dalam pemaparan materinya menyampaikan untuk tidak bersikap intoleran terhadap sesama. “Yang menjadikan seseorang intoleran bukan karena latar belakang pendidikan, namun karena mereka tak terbiasa dengan perbedaan, jika kita mengakui akan adanya persamaan, maka tak ada alasan untuk menghindar dari perbedaan,” tuturnya, Sabtu (22/2/2020).

Izak Lattu, pendeta Salatiga mengungkapkan bahwa setelah acara lintas iman selesai harus ada follow up di medsos. “Setelah terselenggaranya acara ini peserta harus ikut serta untuk memberikan follow up di medsos, dengan menguplod kegiatan lintas iman, guna untuk mengcounter narasi disintegrasi yang banyak tersebar di medsos,” ujarnya.

Peserta Pantura Interfaith Journey merasa senang dapat berbaur dengan santri Ponpes Edi Mancoro, mereka begitu menikmati setiap materi yang disampaikan oleh pemateri.

Gus Hanif, pengasuh Pondok Pesantren Edi Mancoro berpesan kepada peserta Pantura Interfaith Journey untuk selalu menjaga perdamaian. “Krisis kasih sayang menjadi salah satu penyebab konflik antar agama, maka dari itu kita harus menumbuhkan kasih saying untuk menjaga perdamaian antar umat beragama,” ungkap beliau. (TBF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *